Syarat Kambing Aqiqah Menurut Syariat Islam Yang Benar

 

Hukum Aqiqah Menurut Syariat Islam

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist Nabi yang menuliskan tentang ketentuan hewan yang harus disembelih saat aqiqah. Rasulullah memerintahkan untuk menyembelih satu ekor kambing untuk anak perempuan dan 2 ekor untuk anak laki-laki.

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ

Artinya : Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan agar beraqiqah dengan dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.

-Hadits riwayat Abu Dawud

JENIS & SYARAT HEWAN UNTUK AQIQAH

  1. Type hewan yang diperlukan utk Aqiqah yaitu dari jenis hewan mamalia kecil seperti kambing, domba dan biri-biri.
  2. Kategori kelamin kambing utk Aqiqah bisa berjenis kelamin jantan atau betina sama saja dan tidak ada masalah, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu Kurz, “….tidak mudharat bagi kamu apakah kambing laki-laki atau kambing perempuan…”
  3. Umur kambing untuk aqiqah itu sendiri dikiaskan dengan umur kambing qurban, yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu thn atau kurang sedikit; Buat kambing biasa umurnya cukup dua thn dan masuk tahun ketiga; Sifat dan penampilan kambing untuk Aqiqah sebaiknya tidak jauh tidak serupa kambing qurban yakni kambing yang sehat dan bagus, bukan kambing yang cacat dan sakit.

Sempurnakan Syarat Domba Aqiqah

Syarat Kambing Aqiqah

Sebagaimana diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu ta`ala ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian menyembelih hewan kecuali hewan tersebut sudah memenuhi umur, kecuali seandainya sulit bagi kalian. Jika sulit bagi kalian maka sembelihlah dari domba.”

“Ada 4 macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban :

  1. Cacat matanya,
  2. sakit,
  3. pincang dan
  4. kurus yang tidak berlemak lagi “ (HR Bukhari dan Muslim).

 

Artikel Terkait