HEWAN AQIQAH UNTUK ANAK LAKI LAKI DAN PEREMPUAN

Domba aqiqah untuk aqiqah anak laki-laki dan aqiqah anak perempuan

Harga Paket aqiqah di bandugn dengan hewan aqiqah bisa npilih sepuasnya di Dapur Aqiqah.

 

Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokaatuh ayah dan bunda sahabat Dapur Aqiqah. Setelah membahas hukum dan keutamaan aqiqah anak laki laki dan aqiqah anak perempuan sebagai bentuk kasih sayang ayah dan bunda kepada si buah hati, kali ini kami akan bahas mengenai syarat hewan aqiqah menurut Islam.

Dari riwayat yang sering kita jumpai, disebutkan bahwa hewan aqiqah yang dicontohkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah jenis kambing aqiqah atau domba aqiqah . Adapun hewan aqiqah lain seperti sapi atau unta beberapa ulama berbeda pendapat, ada yang membolehkan dan ada yang berpendapat tidak boleh.

Dari jenis hewan aqiqah tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Boleh dari jenis jantan atau betina, hal ini didasarkan oleh hadist:

Dari Ummu Kurz ia berkata : Aku mendengar Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda : ”Untuk seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan adalah seekor kambing. Tidak mengapa bagi kalian apakah ia kambing jantan atau betina”. Dengan konsep aqiqah murah dan berkualitas, Dapur Aqiqah menfasilitasi kebutuhan ayah dan bunda untuk pemilihan jenis hewan Aqiqah ini. Display di kandang kami sediakan pilihan dari kedua jenis sehingga ayah dan bunda bisa memilih hewan aqiqah nya sebelum mulai prosesi sembelih. Secara fisik hewan yang kami sediakan di Dapur Aqiqah Insya Allah sesuai syariat, yaitu cukup umur, sehat dan tidak cacat.

Untuk jumlah hewan aqiqah yang disembelih, sesuai hadist-hadist yang telah di sebutkan, aqiqah anak laki laki adalah dua ekor dan aqiqah anak perempuan satu ekor kambing atau domba.

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]
Untuk aqiqah anak laki laki, sebagian ulama membolehkan menyembelih dengan satu ekor kambing, dengan dasar Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam  meng aqiqahkan Al Hasan dan Al Husein dengan seekor kambing.

Syarat umur kambing Aqiqah harus merujuk ke hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.” (HR. Muslim no. 1963).

Musinnah merupakan kecukupan usia dari hewan sembelihan, musinnah dari kambing adalah adalah telah berusia satu tahun, musinnah untuk domba adalah telah berusia enam bulan. Sedangkan Jadza’ah adalah hewan yang telah berusia enam bulan hingga setahun.

Di Dapur Aqiqah kami menyediakan hewan aqiqah dengan berbagai variasi ukuran dan tipe sesuai dengan kebutuhan ayah dan bunda. Selain menjadi layanan aqiqah murah, kami menyediakan hewan pilihan yang berkualitas, sehat dan tidak cacat. Ayah dan bunda bisa langsung pilih hewan aqiqah nya sendiri dan menyaksikan penyembelihan secara langsung di gerai Dapur Aqiqah terdekat.

Artikel Terkait