Bagaimana Syarat Sah Aqiqah Untuk Anak Perempuan

Untuk persoalan aqiqah bisa diserahkan kepada penyedia paket aqiqah murah bandung tentang hewan yang bisa dipergunakan untuk sembelihan hanya domba atau kambing, tanpa memandang jenis kelamin. Hal ini sudah dijelaskan menurut hadist Rasulullah SAW yang disahihkan oleh HR. Ahmad dan Tirmidzi dengan penjelasan penyembelihan hewan akikah untuk laki-laki sebanyak 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing, dan tidak ditentukan apakah itu kambing jantan ataupun betina. Adapun syarat sah mengakikahkan bayi perempuan, disunnatkan untuk mencukur rambut dan memberi nama bayi tersebut di hari ketujuh setelah kelahirannya. Akikah hukumnya adalah sunnah dan dibebankan pada orang tua yang menafkahi sang anak, namun diperbolehkan dilakukan keluarga lainnya, seperti kakek, paman dan sebagainya.

 

Penyembelihan hewan dilakukan dengan cara sederhana dan tradisional, yaitu cukup dengan bantuan pisau atau benda tajam lainnya. Dapat juga dilakukan b secara mekanik, yaitu dengan peralatan modern berupa mesin yang dibuat khusus uantuk pemotongan hewan. Penyembelihan secara sederhana atau tradisional pada umumnya dilakukan dalam skala kecil, sedangkan penyembelihan secara mekanik dilakukan dalam skala besar. Meskipun dua model penyembelihan tersebut memiliki perbedaan, tetapi harus tetap memerhatikan tata cara yang dibenarkan oleh syar’i.

1. Rukun Penyembelihan
a. Orang islam
b. Binatang yang disembelih adalah binatang yang masih hidup dan halal dagingnya
c. Alat yang digunakan untuk penyembelihan harus tajam

2. Sunah Penyembelihan
a. Membaca basmalah dan salawat atas Nabi Muhammad
b. Memotong dua urat yang ada di kanan dan kiri leher agar lekas mati
c. Binatang yang lehernya panjang, sunah disembelih di pangkal leher
d. Binatang yang disembelih itu digulingkan ke sebelah rusuknya yang kiri (supaya mudah menyemelihnya)
e. Dihadapkan ke kiblat (arah kiblat)

3. Cara Penyembelihan binatang
Menyembelih hewan dalam islam ada dua macam, yaitu Zabhun/Zabh (Menyembelih dengan posisi hewan berbaring dan Nahr (Menyembelih dengan posisi hewan berdiri). Penyembelihan dengan cara Nahr adalah cara untuk menyembelih unta. Adapun sapi dapat disembelih dengan cara Nahr dan Zabr.

4. Hikmah Penyembelihan
a. Hewan yang disembelih pada saluran makanan dan saluran pernafasan menyebabkan darah mengalir sehingga hewan mati karena kehabisan darah. Darah yang mengelir dari hewan yang disembelih menyebabkan daging tidak tercemar oleh darah.
b. Penyebutan nama Allah Swt. pada saat menyembelih merupakan wujud sikap ikhlas kepada Allah Swt., agar mendapat keridaa dan keberkahan dari Allah Swt.
c. Anjuran menyembelih pada bagian leher supaya lebih cepat mati. Tujuan penyembelihan dengan benda tajam adalah untuk mempercepat matinya hewan tersebut, sehingga tidak menyiksa hewan yang disembelih.

 

Bagaimana Penyaluran Daging Kambing Aqiqah?

Untuk daging hewan yang telah disembelih maka orang tua sang anak dapat memakannya, menyedekahkan sebagian, dan menghadiahkan sebagian dari daging sembelih tersebut. Menurut Syaikh Utsaimin menjelaskan diperbolehkan jika orang tua sang anak menyedekahkan dagingnya lalu mengumpulkan tetangga dan kerabat untuk menyantap daging hasil akikah. Sedangkan menurut Syaikh Jibrin menjelaskan jika sunnahnya orang tua sang anak memakan 1/3-nya, lalu menyedekahkan 1/3-nya lagi pada kaum muslimin, serta diperbolehkan untuk mengundang kerabat dan teman-teman untuk menyantap dagingnya. Selain itu, bisa juga disedekahkan semuanya. Berbeda lagi menurut pendapat Syaikh Ibnu Bazz yang menjelaskan bahwa orang tua bebas memilih apakah hendak menyedekahkan sebagiannya atau seluruhnya dan memasaknya lalu mengundang kerabat untuk memakan daging sembelihan aqiqah tersebut.

Artikel Terkait